Setidaknya ada 3 (tiga) karakteristik yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kualifikasi seseorang untuk menjadi Manajer Proyek yaitu :
* Karakter Pribadinya
* Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Proyek yang Dikelola
* Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Tim yang Dipimpin
Karakter Pribadinya :
* Memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai teknis pekerjaan dari proyek yang dikelola olehnya.
* Mampu bertindak sebagai seorang pengambil keputusan yang handal dan bertanggung jawab.
* Memiliki integritas diri yang baik namun tetap mampu menghadirkan suasana yang mendukung di lingkungan tempat dia bekerja.
* Asertif
* Memiliki pengalaman dan keahlian yang memadai dalam mengelola waktu dan manusia.
Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Proyek yang Dikelola :
* Memiliki komitmen yang kuat dalam meraih tujuan dan keberhasilan proyek dalam jadwal, anggaran dan prosedur yang dibuat.
* Pelaksanakan seluruh proses pengembangan proyek IT sesuai dengan anggaran dan waktu yang dapat memuaskan para pengguna/klien.
* Pernah terlibat dalam proyek yang sejenis.
* Mampu mengendalikan hasil-hasil proyek dengan melakukan pengukuran dan evaluasi kinerja yang disesuaikan dengan standar dan tujuan yang ingin dicapai dari proyek yang dilaksanakan.
* Membuat dan melakukan rencana darurat untuk mengantisipasi hal-hal maupun masalah tak terduga.
* Membuat dan menerapkan keputusan terkait dengan perencanaan.
* Memiliki kemauan untuk mendefinisikan ulang tujuan, tanggung jawab dan jadwal selama hal tersebut ditujukan untuk mengembalikan arah tujuan dari pelaksanaan proyek jika terjadi jadwal maupun anggaran yang meleset.
* Membangun dan menyesuaikan kegiatan dengan prioritas yang ada serta tenggat waktu yang ditentukan sebelumnya.
* Memiliki kematangan yang tinggi dalam perencanaan yang baik dalam upaya mengurangi tekanan dan stres sehingga dapat meningkatkan produktifitas kerja tim.
* Mampu membuat perencanaan dalam jangka panjang dan jangka pendek.
Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Tim yang Dipimpin :
* Memiliki kemampuan dan keahlian berkomunikasi serta manajerial.
* Mampu menyusun rencana, mengorganisasi, memimpin, memotivasi serta mendelegasikan tugas secara bertanggung jawab kepada setiap anggota tim.
* Menghormati para anggota tim kerjanya serta mendapat kepercayaan dan penghormatan dari mereka.
* Berbagi sukses dengan seluruh anggota tim.
* Mampu menempatkan orang yang tepat di posisi yang sesuai.
* Memberikan apresiasi yang baik kepada para anggota tim yang bekerja dengan baik.
* Mampu mempengaruhi pihak-pihak lain yang terkait dengan proyek yang dipimpinnya untuk menerima pendapat-pendapatnya serta melaksanakan rencana-rencana yang disusunnya.
* Mendelegasikan tugas-tugas namun tetap melakukan pengendalian melekat.
* Memiliki kepercayaan yang tinggi kepada para profesional terlatih untuk menerima pekerjaan-pekerjaan yang didelegasikan darinya.
* Menjadikan dirinya sebagai bagian yang terintegrasi dengan tim yang dipimpinnya.
* Mampu membangun kedisiplinan secara struktural.
* Mampu mengidentifikasi kelebihan-kelebihan dari masing-masing anggota tim serta memanfaatkannya sebagai kekuatan individual.
* Mendayagunakan setiap elemen pekerjaan untuk menstimulasi rasa hormat dari para personil yang terlibat dan mengembangkan sisi profesionalisme mereka.
* Menyediakan sedikit waktu untuk menerima setiap ide yang dapat meningkatkan kematangan serta pengembangan dirinya.
* Selalu terbuka atas hal-hal yang mendorong kemajuan.
* Memahami secara menyeluruh para anggota tim yang dipimpinnya dan mengembangkan komunikasi efektif di dalamnya.
Sumber :
http://www.setiabudi.name/archives/990
0 comments: