• Konflik Dalam Organisasi

    KATA PENGANTAR

    Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa saya ucapkan kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan makalah ini.
    Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis angat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga senang selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin.

     
    BAB I
    PENDAHULUAN

    Konfilk merupakan sikap saling mempertahankan diri di antara dua kelompok atau lebih yang memiliki cara pandang dan tujuan yang berbeda. Penyebab konflik itu sendiri ada berbagai macam, di antaranya perbedaan pendapat, perbedaan kepentingan serta situasi. Berhubungan konflik di berbagai organisasi kita dengar, salah satunya konflik yang terjadi di partai demokrat tentang kasus penyuapan yang melibatkan nazaruddin selaku bendahara umum partai demokrat.


       BAB II
    LATAR BELAKANG, RUMUSAN MASALAH DAN TUJUAN PENULISAN

    Latar Belakang
    Makalah ini dibuat berdasarkan tugas dari dosen softskill 2KA13, mengingat kami adalah mahasiswa yang akan terjun ke dunia kerja dan bergabung dengan organisasi-organisasi yang ada di masyarakat. Diharapkan dengan makalah ini maka mahasiswa akan lebih memahami tentang konflik yang terjadi dalam sebuah organisasi serta cara mrnanggulanginya.

    RUMUSAN MASALAH
    1.      Apa pengertian konflik dan organisasi ?
    2.      Apa saja faktor penyebab terjadinya konflik ?
    3.      Bagaimana cara penyelesaian koflik?

    TUJUAN
    1.      Mengetahui pengertian dari konflik dan organisasi
    2.      Memahami penyebab terjadi nya konflik
    3.      Membahas konflik yang terjadi di lingkiungan kita

    BAB IV
    PEMBAHASAN MASALAH

    Pengertian Organisasi
    Organisasi merupakan sekelompok orang yang dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
    Definisi organisasi menurut para ilmuwan ;
    1. Stoner
                Organisasi adalah suatu pola hubungan yang melalui orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar suatu tujuan bersama.
    2. James D. Mooney
                Organisasi merupakan bentuk perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
    3. Chester I. Bernard
                Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

    Unsur-unsur dalam suatu organisasi;
    1. Man (manusia)
    2. Kerjasama
    3. Tujuan bersama
    4. Peralatan
    5. Lingkungan

    Pengertian Konflik
    Konflik merupakan sikap saling mempertahankan diri di antara dua kelompok atau lebih yang memiliki tujuan dan cara pandang yang berbeda.

    Penyebab konflik
    Penyebab konflik dibagi menjadi dua kategori, yakni;
    1. Karakteristik Individual :
                a. Nilai dan sikap kepercayaan
                b. Kebutuhan dan kepribadian
                c. Perbedaan persepsi
    2. Situasi :
                a. Kesempatan dan kebutuhan interaksi
                b. Ketergantungan satu pihak kepada pihak lain
                c. Perbedaan status

    Contoh kasus konflik dalam organisasi yang sedang terjadi di lingkungan kita

                Beberapa saat ini sedang hangat-hangatnya pemberitaan tentang adanya kasus penyuapan sekmenpora yang melibatkan Nazarudin oleh pengacara Mindo Manullang, Kamarudin Simanjutak. Alhasil Nazarudin pun dipecat dari  jabatannya. Namun pemecatan Nazarudin ternyata telah membawa demokrat kedalam lubang permasalahan.
                Melambungnya kasus Nazarudin telah memicu terjadinya konflik internal di dalam partai demokrat. Dalam kasus ini terjadi perpecahan antara 2 kelompok, yakni kelompok yang bersemangat memberikan sanksi berat terhadap Nazarudin, dan kelompok yang berusaha melindungi Nazarudin. Perbedaan komunikasi serta cara pandang para elite partai dalam kasus ini menunjukan adanya konflik internal. Ditambah lagi dengan ketidakpuasan dari masing-masing kelompok saat kongres di Bandung yang belum berakhir. Ini disebabkan karena konsolidasi yang terjadi kurang cepat. kepentingan dari pihak yang kalah tidak segera di akomodasi oleh pemenang.
                Salah satu hal yang menunjukan ke public bahwa belum menyatunya kelompok di dalam partai demokrat yakni, kelompok dari Anas Purbaningrum , menginginkan agar kasus dugaan penyuapan sekmenpora segera diserahkan keproses hukum. Sedangkan dari kelompok lain menginginkan  agar Nazarudin segera dicopot jabatannya dari perbendaharaan umum partai Demokrat.
                Kesepakatan antara kelompok-kelompok yang masih berselisih pandangan tersebut sangat diperlukan. Dalam hal ini peran petinggi dari partai serta elite-elite partai sangat diperlukan untuk menjadi penengah di antara kedua kelompok tersebut.
                Dari konflik yang terjadi di dalam organisasi tersebut kelompok kami menyimpulkan bahwa konflik yang terjadi di dalam suatu organisasi itu merupakan hal yang wajar. Khususnya terhadap organisasi yang ingin bergerak maju. Suatu organisasi yang jarang mempunyai konflik internal, bahkan tidak mempunyai konflik, cenderung menjadi suatu organisasi yang kurang hidup dan apatis. Namun suatu konflik juga bisa menjadi suatu bencana bagi organisasi apabila konflik yang terjadi terlalu sering atau besar dan kurangnya kesadaran dari para petinggi organisasi untuk segera menangani konflik tersebut.

0 comments:

Posting Komentar