• Telematika

    Definisi :
    Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
    Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).

    Sejarah :
    Istilah telematika pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya L'informatisation de la Societe. Istilah telematika yang berasal dari kata dalam bahasa Perancis telematique merupakan gabungan dua kata telekomunikasi dan informatika. Pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunaan komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika. Menurut Wikipedia, istilah telematika ini sering dipakai untuk beberapa macam bidang.

    Perkembangan Telematika
    Perkembangan Telematika dalam Bidang Teknologi sangat berkembang dikarenakan  dari permintaan kebutuhan pengguna/masyarakat di internet, bisnis, dan Industri kreatif. Beberapa TI yang berkembang saat ini , dan akan berlanjut dengan TI yang lebih terbaru dan lebih kreatif dari hari ke hari. Contoh perkembangannya yaitu :
    Chatting                      : Yahoo messager, Gmail, MIRc, MSN, Skype, dll.
    Mail                             : Yahoo, Gmail
    Video Streaming         : Youtube
    Social Network           : Facebook, Twitter, Friendster, Plurk, MySpace,
    Foursquare, G+, dll.
    Blog                            : WordPress, Blogger, tumbrl, Kronologger
    (microblogging).

    Perkembangan Telematika yang terjadi di Indonesia menurut ABI Research menyebut, Indonesia berperan signifikan dalam melambungkan volume penjualan ponsel global pada 2010.
    Trend Telematika yang sedang berkembang karena Perangkat teknologi informasi (TI) saat ini, meski semakin murah, tetapi tetap menjanjikan konsumen untuk selalu terkoneksi dengan dunia maya. Ini dimungkinkan bekat kehadiran teknologi internet seperti teknologi jaringan kabel Ethernet, atau pun teknologi Wireless Local Area Network (WLAN) dan Wireless Fidelity (WiFi).
    Saat ini bukan hanya komputer, notebook atau netbook saja yang berkembang ditelematika khususnya bidang teknologi informasi, tetapi ponsel dan smartphone, Internet Enabled Television (IETV), Blu-ray player, konsol game, sistem audio digital, eReader, Perangkat GPS, Komputer Tablet hingga Kamera Digital. Apalagi saat ini hampir semua ponsel, komputer tablet bersaing dari segi aplikasi dan kualitasnya. Contohnya ponsel yang menggunakan aplikasi program Android, itu salah satu contoh trend telematika.

    Sumber : 

0 comments:

Posting Komentar