• Program Telepon Desa Grameen Telecom” (Dr. Don Richardson, Ricardo Ramirez & Moinul Haq)


    Dalam studi kasus telematika ini, Telecommons Development Group(TDG) melakukan analisa yang mendalam terhadap Model Bisnis Grameen Telecom. Laporan ini juga berisi daftar pustaka yang luas dengan sambungan hiperteks untuk mengunduh dokumen dan laporan-laporan, termasuk laporan riset sebelumnya yang diprakarsai Village Phone oleh Prof. Abdul Bayes. Laporan ini disertai juga dengan video, termasuk satu wawancara dengan Muhammad Yunus, Direktur Utama GrameenBank.

    Studi ini diselenggarakan oleh Perencanaan Strategis &Divisi Kebijakan Proyek Pengentasan Kemiskinan Cabang Asia, Agen Pengembangan Internasional Kanada (Strategic Planning & Policy Division of the Asia Branch Poverty Reduction Project, Canadian International Development Agency), sebagai suatu studi kasus untuk menyelidiki dampak dari program GrameenPhone dan Grameen Telecom dalam pemberian kredit mikro untuk pelayanan telepon selular dalam pengentasan kemiskinan dan situasi ekonomi-sosial operator wanita  “Village Phone”.

    “Village Phone” dari Grameen Telecom merupakan proyek percobaan yang sampai tahun 2000 melibatkan 950 Village Phones yang menyediakan akses telepon kepada lebih dari 65,000 orang. Wanita-wanita desa/kampung mengakses kredit mikro untuk memperoleh pelayanan telepon selular GSM dan sesudah itu menjual lagi pelayanan tersebut di desa/kampung mereka. Grameen Telecom memperkirakan  bahwa ketika programnya selesai, akan ada 40,000 operator “Village Phone” dengan  laba bersih $24 juta USD tiap tahun.

    Hasil Penelitian Utama (Key Findings):
    1. Program Village Phone muncul sebagai solusi teknis terbaik yang tersedia untuk akses telekomunikasi universal pedesaan sesuai dengan keadaan Regulasi Telekomunikasi Pemangku kepentingan dan kondisi ekonomi saat itu. Program “Village Phone” adalah suatu solusi organisatoris dan teknis untuk akses telekomunikasi pedesaan yang dibutuhkan oleh suatu lingkungan dengan regulasi telekomunikasi yang tidak mendukung bagi percepatan infrastruktur telekomunikasi pedesaan.

    2. Konsep dari “akses yang universal” bukanlah sesuatu yang netral terhadap gender. Di dalam kasus dari Pemangku kepentingan ini, jenis kelamin dari operator “Village Phone” dan penempatan secara fisik dari telepon di dalam suatu desa/kampung yang tersegmentasi secara gender dapat menghalangi atau memperbaiki akses wanita-wanita untuk menelpon karena alasan religius. Biasanya, satu lokasi operator wanita akan menyediakan suatu ruang yang bisa diterima untuk wanita-wanita desa/kampung yang lain untuk mengakses telepon. Dari sudut pandang pendapatan dan laba, adalah penting untuk memastikan bahwa “Village Phone” secara penuh dapat diakses oleh seluruh populasi desa/kampung,  jika 50% dari pemakai berdasarkan gender menghadapi rintangan-rintangan untuk menelpon, maka suatu arus pendapatan yang penting telah lenyap.

    3. Village Phone bertindak sebagai suatu instrumen yang tangguh untuk mengurangi resiko  dalam pengiriman uang dari para anggota keluarga para pekerja di Dhaka City dan yang bekerja di luar negeri, serta untuk membantu orang desa di dalam memperoleh informasi akurat tentang kurs valuta asing. Mengirim uang tunai dari suatu negara Timur Tengah ke suatu desa/kampung di Banglades adalah penuh resiko; pengiriman uang seperti itu adlah faktor pokok yang membuat laku/laris untuk pemakaian telepon. Mengurangi resiko dari pengiriman uang dari para pekerja di luar negeri mempunyai implikasi penting untuk penduduk rumah tangga dan pedesaan di pemangku kepentingan. Di tingkatan yang mikro, pengiriman uang cenderung untuk digunakan untuk biaya rumah tangga sehari-hari seperti makanan, pakaian dan pelayanan kesehatan. Pengiriman uang seperti itu satu faktor yang penting dalam memenuhi penghidupan rumah tangga, dan dapat meningkatkan porsi yang penting dari penghasilan rumah tangga. Begitu penghidupan dipenuhi, pengiriman uang cenderung untuk digunakan untuk “investasi-investasi produktif,” atau untuk uang tabungan.

    4. Panggilan-panggilan telepon kepada keluarga dan para teman sering melibatkan pertukaran informasi tentang harga pasar, daftar biaya pengiriman barang-barang,  tren pasar dan pertukaran valuta. Hal ini  membuat “Village Phone” satu alat yang penting untuk membuka peluang usaha rumah tangga dalam mengambil informasi pasar untuk meningkatkat keuntungan dan mengurangi biaya produktif.

    5. Pelayanan telepon pedesaan di Pemangku kepentingan adalah sangat menguntungkan karena regulasi yang ada sekarang (ketiadaan interkoneksi menjadi penghalang yang paling besar), sehingga operator telekomunikasi tidak mampu untuk mengimbangi permintaan untuk jasa telekomunikasi antar operator. Telepon-telepon di dalam program Grameen Telecom Village Phone menghasilkan tiga kali pendapatan untuk pelayanan selular pedesaan ($100/bulan lawan $30/bulan). Bahkan, satu pesaing operator telekomunikasi di Pemangku kepentingan melaporkan mempunyai pendapatan dari 12,000 sama dengan pendapatan dari 1,500 “Village Phone”.

    6. Teknologi telepon genggam GSM adalah suatu solusi yang mahal untuk akses  universal di daerah pedesaan. Liputan selular ini terbatas untuk daerah pedesaan serta hanya menguntungkan di bawah regulasi telekomunikasi yang sehat – ketika lingkungan yang regulasi diperbaiki, teknologi selular tidak akan menjadi alat paling efisien dan sehat dalam menyediakan servis yang universal. GSM teknologi telepon genggam juga menempatkan tarif-tarif jauh lebih tinggi pada para pemakai telepon pedesaan dibanding “Wireless Local Loop” (WLL) teknologi. Tanpa perbaikan-perbaikan pada regulasi, teknologi selular adalah suatu solusi yang praktis. Juga, teknologi selular sekarang ini bukan suatu opsi yang sehat untuk hubungan email/Internet/data yang murah. WLL dan opsi lain dapat menyediakan secara luas dan jauh lebih baik dengan ongkos pelayanan lebih murah.

    Unsur-unsur yang dapat direplikasi:
    1. Pengalaman Grameen Telecom di dalam perencanaan bisnisnya memungkinkan kami untuk menyarankan satu solusi potensial menarik operator telekomunikasi dalam melayani daerah pedesaan. Targetnya adalah melayani: daerah yang tak dapat dilayani, kurang terlayani dan menyediakan dukungan untuk pelayanan informasi  riset pasar  yang bermutu. Riset pasar akan membantu ke arah pembuktian kasus bisnis, menarik modal investasi, dan mengurangi kendala  dari pemodal-pemodal dan operator.


    2. Poin-poin pengalaman Grameen Telecom menunjukkan kepada suatu solusi yang potensial untuk operator telekomunikasi, dalam  menghadapi tantangan mengatur “last mile” dari operasi telekomunikasi pedesaan. Hal ini dihubungkan dengan organisasi-organisasi kredit mikro yang sukses berdampingan dengan operator telekomunikasi untuk memperluas liputan telepon umum publik (Public Call Office/PCO) di daerah pedesaan. Pinjaman-pinjaman mikro kepada wirausaha pedesaan (terutama yang ditargetkan kepada kalangan wanita dan kaum muda) dapat memungkinkan wirausaha untuk menyelenggarakan telepon umum publik (Public Call Office/PCO) yang menyediakan bidang jasa telepon, fax, email dan bahkan internet, fotokopi dan jasa komputer pengolah kata. Suatu program waralaba  jenis ini akan juga menetapkan konsistensi pelayanan ke semua daerah yang pada gilirannya mendukung pengembangan sosial dan ekonomi lokal.

    Sumber :
    http://telematikapembebas.wordpress.com/2011/11/01/studi-kasus-program-telepon-desa-grameen-telecom-dr-don-richardson-ricardo-ramirez-moinul-haq/

0 comments:

Posting Komentar