• Alinea



    Pengertian

    Rangkaian kalimat yang disusun secara sistematis dan logis sehingga membentuk kesatuan pokok pembahasan atau alinea adalah kesatuan yang lebih tinggi dan lebih luas dari kalimat dan merupakan himpunan dari kalimat - kalimat yang bertalian dalam suatu rangkaian membentuk satu gagasan.

    Dalam Sebuah alinea terdapat sebuah gagasan utama yang merupakan pokok dari sebuah alinea dan agar lebih jelas gagasan utama tersebut ditambah dengan gagasan - gagasan tambahan.

    Gagasan utama sebuah alinea dapat dicari dengan
    a. Membaca kalimat satu persatu.
    b. Jika kalimat pertama atau kalimat kedua merupakan inti paragraf, berarti kalimat tersebut adalah gagasan    utama alinea yang bersangkutan.

    Tujuan

    Menyalurkan penjelasan gagasan pikiran secara detail karena terdiri dari ide pokok dari penjelasan ide dan juga paragraf merupakan bagian petaan - petaan wacana.

    Syarat Aliniea

    a. Mengandung satu pokok bahasan
    b. Mengandung kalimat penegas
    c. Kalimat kohesi dan koherensi
    d. Terdiri dari beberapa kalimat
    e. Pengungkapan kalimat

    Contoh

            Alinea deduktif :
    Komunikasi umumnya tampil dalam bentuknya yang informatif, edukatif dan persuasif maksudnya,komunikasi biasa digunakan orang untuk menyampaikan pesan, mendidik, atau mempengaruhi persepsi lawan bicara, sehingga terbentuk sikap dan bahkan opini baru.

    Alinea induktif :
    Orang tua, siapa pun dia, janganlah menjajah anak. Sebaliknya anak patutlah selalu ingat hahwa sejahat-jahatnya orang tua, dia tidak akan sampai hati membunuh anak hanya karena haknya tidak dipenuhi oleh anak. Namun perlu sekali menyadari, bahwa orang tua selamanya menghendaki yang baik bagi anaknya, sekalipun harus diakui bahwa yang menurutnya baik itu, tidak selalu demikian menurut ukuran umum. Dengan demikian, yang perlu ialah bagaimana menciptakan cara terbaik untuk mencapai saling pengertian.




0 comments:

Posting Komentar